Resepedia Resepedia
10 Resep Jenis Sate Terenak Khas Nusantara

10 Resep Jenis Sate Terenak Khas Nusantara

Siapa sih yang ga kenal sate? Sate merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging baik itu ayam, kambing, atau sapi yang dipotong kecil-kecil yang ditusukkan ke dalam lidi atau tusukan sate. Sate biasanya disajikan dengan siraman bumbu kacang atau kecap. Saking enaknya, sate tidak hanya terkenal dalam negeri tapi juga telah mendunia.

10 Resep Sate Terenak

Jika kalian ingin makan sate, tidak harus selalu beli karena kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada beberapa jenis sate khas Indonesia dari berbagai daerah yang perlu kalian coba di rumah. Berikut ini 10 resep sate lezat yang mudah dibuat di rumah.

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan sate khas Sunda yang terbuat dari daging sapi dan lemak sapi yang disajikan dengan sambal kecap. Yang menjadi ciri khas sate Maranggi adalah potongan yang lumayan besar dan daging lemak sapi yang ditusukkan sebagai variasi.

Untuk membuat sate Maranggi, bungkus potongan daging sapi dan lemaknya dalam daun pepaya dan diamkan selama 30 menit agar daging lebih empuk. Lalu tumis potongan daging dengan bumbu halus dan tambahan bumbu lain sampai matang. Jika sudah matang, baru tusuk-tusukan daging ke dalam lidi dan bakar sampai matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate Maranggi.

2. Sate Sapi

Jenis sate selanjutnya yaitu sate sapi. Hampir sama dengan sate Maranggi yang berbahan dasar daging sapi, sate sapi sederhana ini lebih mudah dibuat. Kalian hanya perlu memarinasi daging sapi yang telah dipotong-potong dengan bumbu halus lalu bungkus pakai daun pepaya selama 1 jam. Setelah itu tusuk-tusukan dan bakar sate hingga matang merata.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate sapi.

3. Sate Taichan

Sate Taichan sempat menjadi sangat viral beberapa tahun lalu. Sedikit berbeda pasa sate pada umumnya, tampilan sate taichan sangat putih karena hanya menggunakan daging ayam dan tampa bumbu kecap. Ditambah lagi, bukan bumbu kacang yang digunakan tapi sambal cabai rawit biasa. Nah kalau kalian penasaran, kalian bisa membuat sendiri dirumah.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate taichan.

4. Sate Ayam Madura

Salah satu jenis sate legend yang paling populer yaitu sate ayam khas Madura. Sate madura memang terkenal sangat enak dipadukan dengan siraman sambal kacang yang pekat.

Pertama-tama, marinasi dulu daging ayam dengan bumbu dasar lalu olesi dengan bumbu kacang dan bakar sampai matang. Kalau kalian ingin membuat sate madura sendiri dirumah, jangan lupa cobe resep berikut ini ya bun.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate ayam Madura.

5. Sate Padang

Sesuai namanya, sate Padang merupakan sate khas dari daerah Padang yang disajikan dengan bumbu kuah kaldu kental yang kaya akan rempah-rempah. Daging yang digunakan biasanya menggunakan daging sapi, tapi kalian bisa ganti dengan daging lain.

Pertama-tama, masak terlebih dahulu daging sapi dengan bumbu rempah-rempah lengkap sampai matang, lunak, dan masih ada kuahnya. Ambil daging sapi berbumbu lalu tusuk-tusukan ke tusukan sate dan bakar. Sedangkan untuk sisa kuahnya akan digunakan sebagai siraman sate padang dengan cara menambahkan beberapa sendok larutan tepung agar kuah kental.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate Padang.

6. Sate Kambing

Siapa sih yang ga tahu sate kambing? Sate kambing biasanya disajikan dengan sambal kecap dan nasi putih hangat. Resep dan cara memasak sate kambing sama pada sate pada umumnya.

Marinasi terlebih dahulu potongan daging kambing dengan bumbu marinasi dasar selama minimal 1 jam. Lalu tusuk-tusukkan daging ke tusukan sate dan bakar hingga matang merata. Jangan lupa sajikan bahan pelengkapnya yaitu sambal kecap, nasi puti hangat, dan kerupuk.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate Kambing.

7. Yakitori atau sate ayam khas Jepang

Yakitori merupakan sate ayam khas Jepang yang memilki rasa otentik dan sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Yakitori terdiri dari potongan daging ayam lembut yang dipadukan dengan potongan sayuran seperti daun bawang atau paprika. Kalian cukup marinasi daging ayam lalu tusukkan ke tusuk sate berselang seling dengan potongan daun bawang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep yakitori atau sate ayam khas Jepang.

8. Sate Buntel Solo

Sate buntel khas Solo, Jawa Tengah sedikit berbeda dengan sate lainnya. Umumnya, sate merupakan potongan daging yang ditusuk. Kalau sate yang satu ini, dagingnya dilembutkan dan dimasak sampai matang baru dikepal-kepalkan ke ujung tusuk sate dan dibakar sampai matang. Jangan lupa sajikan sate buntel Solo dengan sambal kecap dan nasi putih hangat.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate buntel Solo.

9. Sate Klatak

Sate klatak merupakan sate populer khas dari Yogyakarta yang disajikan dengan siraman kuah gulai dan sambal kecap. Daging yang digunakan umumnya menggunakan daging kambing. Kalian hanya perlu memarinasi potongan daging dengan bumbu dasar lalu dibakar sampai matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate klatak.

10. Sate Lilit Ayam

Sate lilit ayam merupakan sate khas dari daerah Bali yang memiliki rasa lezat dan berbeda dari lainnya. Kalau umumnya sate ditusuk menggunakan tusukan sate, sate lilit menggunakan batang sereh.

Pertama-tama, haluskan terlebih dahulu daging ayam lalu masak dengan bumbu, sedikit kelapa parut, dan santan. Setelah daging ayam matang, gumpal-gumpalkan dan tempelkan pada batang sereh yang telah digeprek. Baru bakar sate sampai matang dan sajikan dengan sambal matah.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sate lilit ayam.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password