Kremesan

Resep dan cara membuat kremesan bersarang yang super renyah, garing, dan anti gagal.

  • 10m
    persiapan
  • 15m
    memasak
  • >1
    porsi
  • 140
    kalori

Bahan-bahan

125 gram tepung sagu

3 sendok makan tepung beras

1/2 sendok teh baking powder

300 ml air santan

2 siung bawang putih yang telah dihaluskan

1 butir kuning telur

1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk

Garam sesuai selera

Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Siapkan wadah dan campurkan tepung sagu, tepung beras, kuning telur, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk rata menggunakan garpu atau whisk.

Tuang air santan ke dalam adonan dan aduk rata sampai semua bahan tercampur, adonan menjadi agak cair, dan tidak ada gumpalan.

Bumbui dengan kaldu ayam bubuk dan garam. Aduk rata dan koreksi rasanya.

Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng.

Sambil mengunggu minyak panas, baru tambahkan baking powder ke dalam adonan. Aduk rata.

Jika minyak sudah panas, tuang adonan kremesan dengan cara dikucurkan dengan jari tangan secara menyebar ke permukaan wajan dan dengan gerakan berputar. Kamu juga bisa menggunakan saringan kawat saat menuangkan adonan kremesan.

Setelah adonan dituang ke wajan, jangan diaduk dulu dan tunggu sebentar hingga agak mengering baru gulung atau lipat kremesan.

Lalu goreng kremesan dengan api sedang sampai benar-benar kering berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan proses ini sampai semua adonan habis.

Kremesan siap disajikan sebagai lauk pendamping atau cemilan.

Kamu pasti tidak asing lagi dengan kremesan kan guys? Kremesan tidak hanya disajikan saat memasak ayam kremes, tapi kamu juga bisa membuat kremesannya saja. Resep dan cara membuatnya juga sangat mudah karena membutuhkan bahan yang sedikit. Hasilnya dijamin super renyah, anti gagal, dan anti lengket. Sajikan kremesan sebagai lauk pendamping dengan nasi putih hangat dan lauk lain. Selamat mencoba!!
RESEP TERKAIT "KREMESAN"