Resepedia Resepedia
Sayuran Anti Kanker

Sayuran Anti Kanker

Mengkonsumsi sayuran secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga bisa mencegah penyakit tertentu termasuk kanker. Hanya saja, tidak semua jenis sayuran bisa mencegah kanker. Ada beberapa rekomendasi sayuran anti kanker yang perlu kamu tahu.

Sayuran Anti Kanker
Sayuran Anti Kanker

Sayuran Anti Kanker

Sayuran yang bisa mencegah kanker harus memiliki kandungan mikronutrien, serat, dan antioksidan yang tinggi. Lalu jenis sayuran apa sajakah yang bisa mencegah radikal bebas dan kanker? Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah rekomendasi sayuran anti kanker versi resepedia.

1. Kubis

Semua jenis sayuran kubis ( kubis putih, kubis hijau, kubis ungu) terbukti bisa menurunkan resiko terkena kanker. Bahkan, dengan mengkonsumsi kubis juga bisa menurunkan perkembangan kanker yang sudah ada di dalam tubuh. Yang perlu kamu perhatikan yaitu cara memasaknya. Agar manfaat kubis terasa, jangan sampai memasak kubis terlalu matang ya guys.

2. Kembang Kol

Selain kubis, kembang kol juga sangat bisa menurunkan resiko kanker karena kandungan glukonsinolat. Senyawa kimia ini bisa mencegah kanker khususnya kanker payudara, lambung, paru-paru, dan usus besar.

3. Brokoli

Tidak hanya kubis, brokoli juga berpotensi bisa mencegah kanker. Penelitian menyebutkan kalau zat dalam sayur brokoli bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara sampai 75%.

4. Kale

Sayuran anti kanker selanjutnya yaitu sayur kale. Sayuran hijau ini sebenarnya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terkena berbagai macam penyakit termasuk kanker.

5. Kacang Polong

Siapa sangka kalau kacang polong juga bisa mencegah penyakit kanker. Kacang polong mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Kandungan phytochemical dalam kacang polong inilah yang bisa mengurangi risiko terkena kanker. Kamu juga bisa mengolah kacang polong menjadi menu makanmu seperti salad, pasta, atau sup.

6. Wortel

Tidak hanya terkenal akan kandungan vitamin A nya, wortel juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah pentingnya yaitu vitamin K dan antioksidan. Banyak studi yang menyebutkan, kalau kandungan beta karoten dalam wortel bisa meningkatkan sistem imun dan mencegah beberapa jenis kanker.

7. Bayam

Sayuran hijau seperti sayur bayam bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Selain itu, kandungan karotenoidnya bisa menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker khususnya kanker payudara dan kulit.

Kesimpulan

Nah itulah rekomendasi sayuran anti kanker versi resepedia. Agar tubuh kita terbebas dari radikal bebas dan kanker, jangan lupa rutin konsumsi makanan yang menyehatkan tubuh seperti sayuran ya guys.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password