Resepedia Resepedia
14 Resep Kreasi Olahan Tempe Lezat dan Mudah

14 Resep Kreasi Olahan Tempe Lezat dan Mudah

Tempe merupakan makanan asli dari Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Tempe memiliki nilai gizi tinggi dan harganya sangat terjangkau. Ditambah lagi, tempe bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang rasanya sangat lezat. Tempe bisa diolah mulai dari hanya digoreng, dibuat keripik, ataupun dioseng.

14 Resep Kreasi Olahan Tempe

Nah kalau kalian punya banyak stok tempe di kulkas dan bingung mau dibuat menjadi apa, kalian bisa mencoba menu-menu kreasi olahan tempe berikut ini. Resepnya dijamin mudah dan hasilnya tentu enak. Berikut ini adalah 14 kreasi olahan tempe lezat yang mudah dan praktis dibuat.

1. Sambal Tempe Kemangi

Sambal tempe kemangi sangat cocok disajikan untuk lauk apalagi dipadukan dengan nasi putih hangat. Rasa pedas sambal tempe dipadukan dengan daun kemangi segar cocok buat kalian yang suka makan pedas dan lalapan.

Resep dan cara membuatnya juga sangat mudah. Kalian hanya perlu menggoreng tempe sampai matang dan goreng bumbu sambalnya sebentar. Ulek semua bahan sambal dalam cobek dan jangan lupa beri bumbu. Baru ulek dengan tempe dan daun kemangi segar menjadi satu. Jangan lupa sajikan dengan nasi putih hangat ya bun.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal tempe kemangi.

2. Tempe Katsu

Katsu merupakan makanan asal Jepang yang biasanya berbahan dasar daging ayam. Nah kalau kalian mau membuat versi Indonesia, kalian bisa mengganti daging ayam dengan tempe menjadi tempe katsu.

Kalian hanya perlu mengukus tempe lalu haluskan dan tambahkan bumbu. Bentuk tempe menjadi pipih lebar dan baluri dengan tepung roti baru goreng hingga matang dan garing. Jangan lupa sajikan tempe katsu dengan saus agar lebih lezat.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep tempe katsu.

3. Sambal Tumpang

Sambal tumpang merupakan sambal khas kediri yang berbahan dasar tempe semangit atau tempe yang hampir busuk yang dimasak dengan bumbu dan sedikit berkuah. Sambal tumpang biasanya disajikan dengan sayuran rebus dan nasi putih hangat.

Nah jadi kalau kalian punya tempe yang sudah terlalu lama disimpan jangan dibuang ya, lebih baik diolah menjadi sambal tumpang. Kalian hanya perlu merebus tempe dan bumbu sambalnya. Haluskan tempe rebus dan bumbunya lalu masakkan kedalam panci kembali. Tuang air santan dan masak hingga matang dan kental.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal tumpang.

4. Tempe Goreng Tepung

Nah salah satu olahan tempe yang paling mudah dibuat yaitu tempe goreng tepung. Gorengan yang satu ini memang paling mudah kita jumpai baik itu pedagang pinggiran jalan atau di rumah makan. Daripada beli, lebih baik buat sendiri karena caranya gampang dan murah.

Kalian hanya tinggal membuat tepung bumbu dicairkan lalu celupkan irisan tempe dan goreng hingga garing. Agar lebih nikmat, jangan lupa sajikan dengan cabai rawit untuk pelengkap ya.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep tempe goreng tepung.

5. Sambal Goreng Tempe

Kalau kalian bosan tempe hanya digoreng, kalian bisa mengolahnya menjadi sambal goreng tempe pedas manis. Perpaduan rasa pedas manis tempe sangat cocok dijadikan lauk dengan nasi putih hangat. Bahkan tanpa tambahan lauk pun sudah nikmat.

Resep dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Kalian hanya perlu memotong-motong tempe lalu goreng sebentar. Haluskan bumbu dan masak hingga matang baru campurkan dengan tempe goreng. Gampang kan?

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal goreng tempe.

6. Kering Tempe

Selanjutnya, ada menu kering tempe. Sedikit berbeda dengan sambal goreng tempe, kering tempe lebih memiliki tekstur renyah dengan baluran rasa asin manis.

Untuk mendapat tekstur renyah, iris tipis tempe lalu goreng hingga matang dan garing. Lalu masak bumbu dengan gula merah sampai kental baru masukkan tempe dan aduk sampai rata.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kering tempe.

7. Tempe Goreng

Olahan paling sederhana dari tempe yaitu tempe goreng. Menu ini sangat simple tapi enak dan cocok dipadukan dengan berbagai lauk lain. Kalian hanya perlu memotong tipis tempe lalu celupkan ke dalam bumbu celup, baru goreng hingga matang dan garing. Bumbu celup yang digunakan bisa membuat sendiri dengan cara mengulek bawang putih, garam, ketumbar, dan penyedap atau bisa menggunakan bumbu instan.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep tempe goreng.

8. Tempe Penyet

Tidak hanya daging ayam, tempe penyet juga menjadi salah satu menu lezat yang simple dibuat. Tempe penyet merupakan tempe goreng yang dipenyet dengan sambal merah yang disajikan dengan lalapan sayur dan nasi putih hangat. Selain praktis, menu tempe penyet cocok disajikan untuk makan bersama keluarga tercinta.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep tempe penyet.

9. Perkedel Tempe

Siapa bilang perkedel hanya bisa dibuat dengan bahan utama kentang? Kalian bisa mengganti kentang dengan tempe menjadi perkedel tempe. Rasa perkedel tempe tidak kalah gurih dan enaknya dari perkedel pada umumnya.

Kalian hanya perlu mengukus tempe sampai lunak baru haluskan dan campur dengan bahan dan bumbu lainnya. Bentuk tempe bulat pipih baru goreng tempe hingga matang keemasan.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep perkedel tempe.

10. Nugget Tempe

Nugget biasa terbuat dari daging ayam. Kalau mau yang lebih ekonomis, kalian bisa mengganti daging dengan tempe. Resep dan cara membuat nugget tempe juga tidak terlalu sulit.

Pertama-tama kukus tempe hingga lunak lalu haluskan. Baru tambahkan bumbu dan aduk rata. Masukkan adonan ke dalam loyang dan kukus hingga matang lalu potong-potong dan balut dengan tepung roti. Nugget tempe bisa langsung digoreng atau disimpan dalam kulkas. Selain enak, hasilnya juga banyak kan?

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep nugget tempe.

11. Keripik Tempe

Selain dimasak dan digoreng, tempe juga bisa dibuat keripik yang super renyah dan gurih. Keripik tempe tidak hanya enak dijadikan cemilan, tapi juga cocok untuk lauk pendamping.

Resap dan cara membuat keripik tempe sanga mudah. Kalian tinggal mengiris super tipis tempe lalu dicelupkan kedalam adonan pencelup tepung bumbu. Goreng hijgga benar-benar garing agar hasilnya renyah.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep keripik tempe.

12. Oseng Tempe Lombok Ijo

Kalau mau memasak buat lauk, tempe sangat enak jika dioseng dengan lombok ijo. Resep dan cara memasaknya juga sangat mudah. Kalian harus menggoreng dulu tempe yang telah dipotong-potong sebentar. Lalu tumis bumbu lombok hijau dan masukkan tempe baru masak hingga matang dan bumbu meresap. Jangan lupa sajikan dengan nasi putih hangat agar nikmat ya.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep oseng tempe lombok hijau.

13. Tempe Mendoan

Kalian pasti tahu tempe mendoan kan? Tempe mendoan sebenarnya tempe goreng tepung yang digoreng setengah matang atau masih basah. Jadi ciri khas mendoan yaitu masih lunak, tidak kering seperti gorengan pada umumnya.

Resep dan cara membuat tempe mendoan juga sangat mudah karena kalian hanya tinggal menyiapkan adonan tepung pencelup. Agar rasanya lebih enak, jangan lupa tambahkan irisan daun bawang ya. Goreng tempe mendoan dengan api kecil lalu sajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap sebagai pelengkap.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep tempe mendoan.

14. Tempe Bacem

Berbeda dengan menu sebelumnya, tempe bacem memiliki rasa dominan manis dan gurih. Tampilan tempe bacem berwarna coklat kehitaman karena banyak menggunakan kecap manis. Walaupun manis, tempe bacem juga sangat enak dijadikan lauk apalagi dengan nasi putih hangat.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep tempe bacem.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password