Resepedia Resepedia
16 Resep Makanan Dan Cemilan Olahan Kentang

16 Resep Makanan Dan Cemilan Olahan Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah ditemui dan biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Selain bergizi, kentang memang sangat mengenyangkan. Apalagi, kalian bisa mengolah kentang menjadi berbagai macam menu makanan berat, cemilan, ataupun kue yang lezat.

16 Resep Olahan Kentang

Tidak diragukan lagi, ada banyak sekali makanan berbahan dasar kentang. Dari banyaknya varian, kalian bisa mencoba membuat 17 resep makanan dan cemilan olahan kentang berikut ini.

1. Kentang Mustofa

Kentang mustofa merupakan kering kentang pedas manis yang berbentuk panjang tipis seperti lidi. Kentang mustofa tidak hanya cocok disajikan sebagai lauk dengan nasi putih, tapi enak juga dijadikan cemilan.

Untuk membuat kentang mustofa, pertama-tama kupas kentang lalu parut kasar atau potong menjadi bentuk korek api kecil-kecil dan goreng kentang hingga garing. Tumis bumbu halusnya sampai matang dam campurkan dengan kentang goreng tadi. Aduk rata dan kentang mustofa siap dimakan.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kentang mustofa.

2. Stik Kentang Keju

Cemilan stik kentang keju memilki tekstur yang empuk dan rasanya gurih. Cemilan yang satu ini lebih nikmat jika disajikan dengan saus untuk cocolan. Resep dan cara membuat stik kentang keju tidak terlalu sulit.

Rebus kentang terlebih dahulu hingga lunak lalu haluskan dengan ulekan atau garpu. Tambahkan tepung maizena, seledri cincang, keju cheddar parut, garam, lada, dan penyedap. Aduk rata dan bentuk menjadi stik panjang baru goreng hingga matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep stik kentang keju.

3. Kroket Kentang Isi Ayam dan keju

Kroket merupakan salah satu cemilan yang mudah dijumpai dan enak dimakan baik itu masih hangat bahkan sudah dingin pun tetap enak. Resep dan cara membuat kroket kentang isi ayam dan keju sangatlah mudah, hanya saja membutuhkan banyak langkah.

Buat bahan isian kroket terlebih dahulu yaitu tumisan daging ayam suwir dan potongan keju. Kemudian rebus kentang sampai lunak dan tumbuk halus. Beri bumbu dasar dan bentuk pipih adonan kentang lalu beri isiannya. Bentuk kembali adonan menjadi bulat atau lonjong. Baluri dengan tepung roti dan goreng hingga matang dengan api kecil.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kroket kentang isi ayam dan keju.

4. Pukis Kentang

Siapa sih yang ga suka makan pukis? Kue pukis memiliki tekstur yang empuk dan rasanya manis. Ternyata, kentang juga bisa dibuat menjadi pukis empuk ya bun. Pertama-tama, rebus dan haluskan kentang lalu campurkan dengan tepung, ragi, telur, gula, margarin, santan, dan garam. Mixer semua adonan hingga lembut dan diamkan selama 1 jam baru masak pukis hingga matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep pukis kentang.

5. Bola Kentang Keju

Bola kentang keju merupakan salah satu cemilan sederhana yang memiliki rasa gurih dengan isian keju lumer dan meleleh. Resep dan cara membuat bola kentang keju sangatlah mudah. Kalian hanya perlu kukus kentang hingga matang lalu haluskan.

Tambahkan sedikit tepung, keju parut, lada bubuk, penyedap, dan garam. Aduk rata dan bentuk bulat lalu beri isian keju mozzarela atau keju quickmelt didalamnya. Jangan lupa baluri tepung roti baru goreng hingga matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep bola kentang keju.

6. Potato Gnocchi

Potato gnocchi merupakan pasta berbahan dasar kentang yang memiliki tekstur sedikit kenyal. Resep dan cara membuat potato gnocchi sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menghaluskan kentang yang sudah direbus atau kukus. Lalu tambahkan tepung, garam, dan telur. Uleni hingga kalis lalu bentuk kecil-kecil. Rebus hingga matang baru dimasak dengan berbagai macam saus sesuai selera.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep potato gnocchi.

7. Hotdog Kentang

Hotdog kentang atau hotang merupakan salah satu cemilan lezat asal Korea. Untuk membuat hotang, kalian hanya perlu menusukkan sosis pada tusuk sate lalu celupkan pada adonan pencelup dan langsung gulingkan ke baluran kentang goreng atau french fries yang telah dipotong-potong kecil sampai menempel rata baru goreng hingga matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep hotdog kentang.

8. Kue Lumpur Kentang

Kue lumpur merupakan jajanan pasar yang memiliki tekstur super lembut dan halus dengan rasa manis. Untuk membuat kue lumpur kentang, kalian hanya perlu rebus atau kukus kentang lalu haluskan. Mixer semua adonan baru tambahkan kentang halus. Masak dengan cetakan kue lumpur sampai matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kue lumpur kentang.

9. Perkedel Kentang

Perkedel kentang memilki tekstur yang empuk dengan rasa sangat gurih. Resep dan cara membuatnya juga sangat mudah karena hanya membutuhkan sedikit bahan. Kalian hanya perlu menggoreng kentang lalu haluskan dan campurkan dengan semua bahan. Bentuk adonan menjadi oval lalu celupkan ke adonan telur kocok dan goreng hingga matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep perkedel kentang.

10. Donat Kentang

Siapa sih yang ga tau donat? Donat merupakan salah satu cemilan empuk berbahan dasar tepung dengan berbagai macam topping. Selain tepung, kalian juga bisa menambahkan kentang kukus yang telah dihaluskan ke dalam adonan donat. Karena tambahan kentang, donat kentang memiliki tekstur yang lebih padat dan cepat mengenyangkan. 

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep donat kentang.

11. Kentang Goreng atau french fries

Kentang goreng atau french fries cocok disajikan kapan saja untuk cemilan. Tidak perlu beli, lebih baik buat kentang goreng sendiri di rumah. Selain harganya lebih ekonomis, hasilnya pun lebih banyak dan rasanya tak kalah lezatnya.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kentang goreng.

12. Kentang Arab

Kentang Arab atau kentang kribo merupakan kentang goreng biasa yang dibalur dengan tepung keriting yang renyah dan gurih. Resep dan cara membuat kentang Arab sangatlah mudah dan membutuhkan bahan yang sederhana.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kentang Arab.

13. Samosa Kentang

Samosa merupakan makanan khas Timur Tengah yang memiliki bentuk unik yaitu segitiga. Resep dan cara membuat samosa kentang sangatlah mudah, kalian hanya perlu memasak kentang dengan bumbu kari untuk isian lalu bungkus dengan kulit lumpia dan bentuk segitiga. Goreng hingga matang dan kering.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep samosa kentang.

14. Kentang Kopong

Sesuai namanya ya bun, kentang kopong merupakan keripik kentang tipis yang digoreng hingga melembung tanpa isi atau kopong bagian tengahnya. Resep dan cara membuat kentang kopong sebagai cemilan sangatlah mudah dan bahan yang dibutuhkan juga sederhana.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep kentang kopong.

15. Mashed Potato

Mashed potato memiliki tekstur lembut dan creamy yang biasanya disajikan sebagai pelengkap steak. Resep dan cara membuat mashed potato juga sangat mudah. Tumbuk kentang rebus sampai halus lalu campur dengan susu, mentega, garam, dan lada. Aduk rata sampai teksturnya creamy.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep mashed potato.

16. Potato Wedges

Olahan kentang terakhir yang mudah dibuat di rumah yaitu potato wedges. Resep dan cara membuat potato wedges sangatlah mudah dan praktis serta membutuhkan sedikit bahan. Untuk cara memasaknya, kamu bisa menggoreng menggunakan minyak atau memanggang dalam oven atau microwave.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep potato wedges.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password