Resepedia Resepedia
Olahan Ayam

Olahan Ayam

Daging ayam menjadi salah satu hidangan paling favorit banyak orang. Rasanya yang jelas nikmat, dagingnya yang empuk, serta pengolahannya yang mudah membuat daging ayam digemari banyak orang. Dari sekian banyaknya olahan ayam, ada beberapa rekomendasi olahan ayam khas Indonesia yang lezat dan mudah dibuat.

Olahan Ayam
Olahan Ayam

Aneka Olahan Ayam

Lalu hidangan ayam apa sajakah yang lezat dan mudah dibuat? Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah aneka olahan ayam yang lezat dan mudah dibuat versi resepedia.

1. Ayam Kecap

Olahan ayam pertama yang mudah dibuat yaitu ayam kecap dengan potongan bawang bombai. Saat memasak ayam kecap, kamu juga bisa menambahkan bahan makanan lain untuk campuran.

2. Ayam Taliwang

Ayam taliwang merupakan makanan khas Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Biasanya, ayam taliwang disajikan dengan makanan khas lombok seperti plecing kangkung.

3. Ayam Woku

Ayam woku merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Hidangan ini adalah perpaduan daging ayam dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Bumbu rempah yang digunakan antara lain serai, daun jeruk purut, tomat, kemangi, bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun bawang, dan lain-lain.

4. Ayam Rica-Rica

Selain ayam woku, ayam rica-rica juga salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Ayam rica-rica memiliki citarasa yang pedas. Agar lebih nikmat lagi, sajikan ayam rica dengan nasi putih hangat.

5. Ayam Geprek

Masakan ayam selanjutnya yang tak kalah lezat yaitu ayam geprek krispi. Ayam geprek sebenarnya adalah ayam goreng tepung krispi seperti di restoran cepat saji. Kemudian, ayam goreng tepung digeprek dengan sambal cabai rawit di dalam cobek baru disajikan.

6. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan kuliner khas Pulau Dewata, Bali. Hidangan ini terdiri dari daging ayam utuh yang dibumbui lalu dipanggang dalam api. Dahulu, ayam betutu disediakan untuk acara keagamaan atau pacara adat. Tapi sekarang, sudah banyak rumah makan yang menyajikan olahan ayam yang satu ini.

7. Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng kalasan merupakan makanan khas Sleman, Jogjakarta. Ayam kalasan merupakan sajian ayam yang telah dibumbu, lalu digoreng dan disajikan dengan kremesan.

8. Opor Ayam

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan menu opor ayam? Opor ayam merupakan makanan berkuah santan yang kaya akan rempah-rempah. Biasanya, opor ayam dihidangkan pada hari-hari besar seperti Lebaran dan Idul Adha.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa olahan ayam yang lezat dan mudah dibuat versi resepedia. Sebenarnya, ada banyak sekali olahan ayam dari berbagai daerah di Indonesia. Kalau menurut kalian sendiri, olahan ayam apakah yang menjadi favoritmu? Jangan lupa komen di bawah ya. 

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password