Resepedia Resepedia
Makanan Sumber Kalsium

Makanan Sumber Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh dan sangat penting untuk pembentukan tulang. Selain tulang, kalsium penting juga untuk kerja sel, otot, dan saraf. Makanya, asupan kalsium harian pun harus terpenuhi agar otot dan tulang tetap sehat.

Makanan Sumber Kalsium
Makanan Sumber Kalsium

Makanan Sumber Kalsium

Agar kebutuhan harian kalsium terpenuhi, kamu tidak perlu mengkonsumsi suplemen. Cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat sumber kalsium. Lalu makanan apa sajakah yang mengandung kalsium selain susu? Nah langsung saja, berikut ini adalah makanan sumber kalsium versi resepedia.

1. Sarden Kalengan

Sarden kalengan ternyata mengandung banyak kalsium. Kenapa? Karena tulang dalam sarden bisa sekalian kita makan dan hal inilah yang membuat sarden kaya akan kalsium. Makanya, kalau kamu makan sarden kalengan lebih baik jangan buang tulangnya ya guys.

2. Brokoli

Kamu juga bisa menemukan kalsium dalam berbagai jenis sayuran hijau termasuk brokoli. Selain menjadi makanan sumber kalsium, sudah tidak diragukan lagi kalau brokoli sangat menyehatkan tubuh.

3. Bayam

Sayur bayam mengandung kalsium tinggi dan bagus untuk tulang. Selain kalsium, bayam juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan masih banyak lagi.

4. Edamame

Edamame merupakan salah satu olahan dari kacang kedelai. Makanan yang satu ini tidak hanya kaya akan kalsium, tapi juga mengandung protein tinggi. Selain menyehatkan, edamame sangat bagus untuk kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya.

5. Kacang Almond

Siapa sih yang tidak tau kacang almond? Selain rasanya yang lezat, almond juga sangat menyehatkan dan mengandung banyak nutrisi. Tidak hanya sebagai sumber kalsium, kacang almond juga mengandung protein, kalium, dan vitamin E tinggi.

6. Telur

Hampir semua orang suka makan makanan olahan telur. Telur merupakan makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan menjadi sumber protein serta kalsium. Kamu bisa memakan telur hanya dengan direbus atu dibuat ke menu masakan lain.

7. Ikan Teri

Selain ikan sarden, ikan teri juga terkandung banyak kalsium karena masih ada tulang ikannya. Dari tulang ikan inilah tubuh kita akan mendapat asupan kalsium. Makanya, saat memakan ikan teri langsung dimakan semuanya beserta tulangnya.

8. Jeruk

Tidak hanya terkenal akan sumber vitamin C, buah jeruk juga kaya akan kandungan kalsiumnya. Agar tubuh mendapat asupan kalsium, kamu bisa memakan langsung buah jeruk atau bisa dibuat menjadi jus.

9. Bokcoy

Sayuran hijau bokcoy sering kita temukah di masakan Chinese. Tak hanya rasanya yang lezat, mengkonsumsi bokcoy juga sangat menyehatkan tubuh. Ternyata, bokcoy merupakan salah satu sayuran sumber kalsium. Selain kalsium, kandungan lain dalam bokcoy yaitu vitamin C, vitamin A, dan kalium.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa makanan sumber kalsium versi resepedia. Agar tulang dan tubuh kita tetap sehat, lebih baik konsumsi makanan yang mengandung kalsium secara rutin ya guys.  

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password