Makanan Penambah Sel Darah Merah

Jika kamu menderita anemia atau kurang darah, maka makanan penambah sel darah merah sangat kamu butuhkan. Anemia adalah kondisi tubuh ketika kekurangan sel darah merah yang membuat sirkulasi oksigen ke sel-sel dalam tubuh terganggu. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga penderitanya akan cepat merasa lelah dan pucat.

Makanan Penambah Sel Darah Merah

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus rajin mengkonsumsi makanan penambah sel darah merah. Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah rekomendasi makanan penambah sel darah merah versi resepedia.

1. Sayur Bayam

Selain populer akan khasiat dan manfaatnya untuk tubuh, sayur bayam bisa melancarkan aliran darah. Bayam memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang sangat tinggi. Kamu bisa mengkonsumsi bayam dengan cara diolah menjadi salad, jus, ataupun ditumis.

2. Daging Merah

Daging merah bisa kamu dapatkan dari daging sapi atau daging kambing. Daging merah kaya akan zat besi tinggi yang bisa jadi sumber makanan penambah darah. Selain itu, kandungan magnesium, vitamin A, dan kalsiumnya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Tahu

Tahu bisa membantu menambah sel darah merah karena kandungan zat besi di dalamnya. Tak hanya itu, tahu juga bisa dijadikan menu diet karena jumlah kalorinya yang rendah dan tidak menggemukan badan.

4. Telur

Hampir semua orang suka memakan olahan telur. Telur memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk tubuh dan bisa menambah produksi sel darah merah. Sebagian besar vitamin dan zat besi telur terletak pada kuning telur. Makanya, pastikan makan kuning telur sampai habis ya guys.

5. Kacang-Kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh. Selain bisa membantu menjaga berat badan dan cocok dijadikan cemilan saat diet, kacang-kacangan juga bisa menambah sel darah merah karena kandungan asam folat dan zat besinya.

6. Pisang

Buah pisang sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena mengandung zat besi, vitamin, kalium, dan mineral yang penting untuk tubuh. Kandungan dalam pisang bisa membantu tubuh memaksimalkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

7. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung zat besi tinggi yang bisa meningkatkan hemoglobin. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa  membuat saraf bekerja maksimal, sebagai sumber energi, dan membantu pembentukan sel.

8. Daun Singkong

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan daun singkong kan? Daun singkong sangat terkenal akan kandungan gizinya yang tinggi (zat besi, lemak, protein, vitamin B1, vitamin C, fosfor, dan karbohidrat) serta bisa membantu mengatasi anemia.

9. Kismis

Kismis atau bauh anggur yang dikeringkan memiliki rasa manis dan biasanya digunakan untuk campuran beraneka ragam kue. Tidak hanya rasanya yang enak, kismis ternyata bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah karena kandungan zat besinya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan penambah sel darah merah versi resepedia. Tidak hanya bagus untuk penderita anemia, makanan di atas juga cocok dikonsumsi sehari-hari agar tubuh tetap sehat.

ARTIKEL TERKAIT "MAKANAN PENAMBAH SEL DARAH MERAH"