Resepedia Resepedia
Makanan Bayi 10 Bulan

Makanan Bayi 10 Bulan

Bayi berusia 10 bulan sudah bisa diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang bertekstur sedikit kasar. Walaupun sudah siap mengkonsumsi makanan yang lebih padat, makanan bayi 10 bulan tentu berbeda dari makanan orang dewasa. Biasanya, dokter akan menyarankan sang ibu untuk membuat makanan bayi sendiri agar nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi.

Makanan Bayi 10 Bulan
Makanan Bayi 10 Bulan

Menu Makanan Bayi 10 Bulan

Makanan yang diberikan untuk bayi 10 bulan tentu harus sehat agar pertumbuhan dan perkembangan si kecil sempurna. Lalu makanan apa sajakah yang cocok untuk bayi usia 10 bulan? Nah langsung aja nih guys, berikut ini adalah makanan bayi 10 bulan yang menyehatkan versi resepedia.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang bisa membantu menambah  berat badan bayi. Selain protein, telur juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tubuh. Khusus untuk telur, lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena ada beberapa bayi yang alergi telur.

2. Daging Ayam

Tak hanya telur, daging ayam juga cocok dikonsumsi bayi 10 bulan dan juga bisa meningkatkan berat badan si kecil. Daging ayam mengandung fosfor, magnesium, Vitamin B10, Vitamin B12, dan niacin. Pastikan haluskan daging ayam terlebih dahulu atau dibuat untuk campuran nasi tim sebelum dikonsumsi si kecil.

3. Pisang

Buah pisang mengandung karbohidrat dan serat tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan bayi. Jika ingin memberi si kecil pisang sebagai MPASI, jangan lupa haluskan atau potong-potong kecil pisang terlebih dulu agar mudah dikonsumsi.

4. Brokoli

Sayuran hijau pertama yang cocok dijadikan makanan bayi 10 bulan yaitu brokoli. Sayur brokoli memang terkenal akan kandungan nutrisinya dan sangat menyehatkan. Sebelum disajikan ke si kecil, potong-potong halus brokoli dan kukus hingga empuk.

5. Alpukat

Alpukat sangat baik untuk bayi karena bisa membantu perkembangan otak. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan bayi. Sebelum disajikan ke si kecil, haluskan dulu alpukat yang sudah matang.

6. Wortel

Wortel memiliki rasa yang manis dan sangat bagus untuk penglihatan bayi karena mengandung vitamin A. Sebelum dijadikan MPASI, kukus terlebih dahulu wortel sampai matang baru dihaluskan dan campur dengan bubur atau nasi tim.

7. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang bisa membantu pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh lain. Agar si kecil mau memakan buah, tentu kamu harus memilih jeruk yang sudah matang dan rasanya manis. Jangan lupa buang biji jeruknya sebelum disajikan untuk si kecil.

8. Kentang

Makanan bayi 10 bulan terakhir yaitu kentang. Kentang kaya akan karbohidrat baik dan bisa meningkatkan berat badan bayi. Kentang juga mengandung vitamin B10, vitamin C, fosfor, dan mangan. Kamu bisa mengukus atau merebus kentang sampai matang baru lembutkan sebelum disajikan untuk si kecil.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa menu makanan bayi 10 bulan yang menyehatkan versi resepedia. Karena masih dalam masa pertumbuhan, pastikan selalu memberi makanan yang sehat untuk buah hati ya guys.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password