Resepedia Resepedia
Jenis jenis tepung

Jenis Jenis Tepung dan Bahan Pembuatnya

Ada banyak jenis jenis tepung dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Jenis tepung yang paling umum adalah tepung terigu, yang dibuat dari penggilingan gandum menjadi bubuk.

Sedangkan tepung tapioka, tepung beras, tepung maizena, tepung ketan, dan tepung sagu merupakan jenis-jenis tepung yang sering digunakan dalam membuat aneka kue, roti, dan pastri.

Jenis tepung lainnya termasuk tepung gandum hitam dan tepung soba.

Jenis jenis tepung
Jenis jenis tepung

Jenis Jenis Tepung

Berikut ini adalah beberapa jenis jenis tepung dan bahan pembuatnya. 

1. Tepung Terigu

Tepung terigu adalah jenis tepung yang paling umum. Tepung terigu dibuat dari penggilingan gandum menjadi bubuk.

Tepung terigu mengandung gluten yang tinggi, yang memberikan tekstur kenyal. Ini sering digunakan dalam roti, kue kering, dan pizza.

2. Tepung Kanji atau Tapioka

Tepung tapioka sangat cocok untuk membuat kue kering dan kue basah yang renyah. Tepung kanji atau tapioka terbuat dari sari pati singkong sehingga memikliki tekstur keset sata dipegang. 

3. Tepung Beras

Tepung beras adalah sejenis tepung yang diperoleh dari gilingan beras. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat aneka kue dan pasta.

Tepung beras memiliki banyak sekali kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam lemak. Kandungan gizi yang terdapat pada tepung beras sangat bagus untuk kesehatan.

4. Tepung Maizena

Tepung maizena adalah sejenis tepung yang terbuat dari biji jagung. Tepung jagung sangat berguna sebagai bahan pembuat kue karena memiliki sifat lunak dan mudah diolah.

Selain itu, tepung maizena juga banyak digunakan sebagai bahan pengental makanan.

5. Tepung Beras Ketan

Tepung beras ketan adalah sejenis tepung yang terbuat dari beras ketan. Beras direndam dalam air selama beberapa jam sebelum digiling menjadi pasta.

Pasta kemudian disebarkan di atas tikar dan dibiarkan kering di bawah sinar matahari. Setelah kering, beras digiling menjadi bubuk halus.

Tepung beras ketan memiliki rasa yang sedikit manis dan sering digunakan untuk membuat makanan penutup seperti klepon dan putu bambu.

Bisa juga digunakan untuk masakan gurih seperti nasi goreng dan mie goreng.

6. Tepung Sagu

Tepung sagu adalah sejenis tepung yang terbuat dari pati pohon sagu. Tepung sagu memiliki rasa netral dan tekstur yang sedikit lengket, sehingga cocok untuk mengikat dan mengentalkan saus dan sup. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk membuat makanan panggang bebas gluten. Tepung sagu juga digunakan untuk membuat mie, pangsit, dan lainnya.

7. Tepung Gandum Hitam

Tepung gandum hitam terbuat dari biji-bijian gandum hitam. Tepung gandum hitam tinggi serat dan protein, serta mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi dan magnesium.

Ini adalah alternatif yang sehat untuk tepung putih, dan dapat digunakan dalam resep yang membutuhkan tepung terigu.

8. Tepung Soba

Tepung soba adalah sejenis tepung yang terbuat dari soba atau gandum kuda atau buckwheat yang tinggi protein dan serat, dan rendah kalori.

Tepung soba adalah bahan pokok dalam masakan Jepang, dan digunakan dalam berbagai hidangan seperti mie soba, tempura, dan okonomiyaki.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password