Jajanan Pasar Tradisional

Pasti kalian pernah kan merasa kangen makan jajanan pasar masa kecil? Jajanan pasar tradisional tergolong menyehatkan karena dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan bahan pengawet. Selain itu, rasa jajanan tradisional juga beragam mulai dari manis, asin, gurih, hingga pedas.

Aneka Jajanan Pasar Tradisional

Kebanyakan jajanan tradisional tergolong kue basah dan biasa disajikan untuk suguhan, rapat, arisan, atau acara tertentu. Walaupun sekarang sudah banyak produk jajanan yang kekinian, jajanan tradisional akan tetap melegenda dan menjadi favorit banyak orang.

Dari sekian banyaknya jenis jajanan pasar, ada beberapa jajanan yang masih digemari banyak orang sampai sekarang. Nah langsung aja, berikut ini adalah beberapa jajanan pasar tradisional yang melegenda dan masih menjadi favorit sampai sekarang versi resepedia.

1. Klepon

Klepon berbahan dasar tepung ketan dengan isian gula merah. Ketika kamu menggigit dan atau mengunyah klepon, cairan gula merahnya akan meletup dalam mulut. Jajanan yang satu ini biasanya disajikan dengan berbagai warna dan dengan taburan kelapa parut. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, membuat semua orang menyukai klepon.

2. Lemper

Lemper merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dengan isian daging ayam yang cincang atau abon yang dibungkus daun pisang. Lemper memiliki rasa gurih dan mengenyangkan, sehinggga cocok untuk pengganjal perut ketika kamu lapar.

3. Getuk

Getuk terbuat dari singkong yang telah direbus atau dikukus baru dihaluskan. Biasanya, getuk disajikan dengan taburan kelapa parut yang sudah dicampur sedikit garam. Selain langsung dimakan, ada juga getuk yang disajikan dengan cara digoreng terlebih dulu.

4. Serabi

Serabi di setiap daerah biasanya memiliki resep masing-masing. Tapi intinya, jajanan yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut, air, dan sedikit garam baru digoreng pada cetakan khusus. Ada yang disajikan dengan air gula atau yang langsung mencampur adonan serabi dengan gula merah baru digoreng.

5. Onde-Onde

Onde-onde termasuk jajajan yang masih melegenda sampai sekarang. Onde-onde memiliki bentuk bulat dengan permukaan kulit yang telah ditaburi wijen. Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan dan umumnya diisi dengan kacang hijau.

6. Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan salah satu kue basah yang memiliki rasa lezat dan banyak peminatnya. Kue basah yang satu ini terbuat dari kentang halus, tepung terigu, telur, gula pasir, air, dan vanilla. Rasanya yang manis legit dan teksturnya yang sangat lembut inilah membuat banyak orang menyukai kue lumpur.

7. Putu Ayu

Kue putu ayu berbahan dasar dari tepung. Normalnya, putu ayu berwarna hijau putih dengan parutan kelapa. Rasanya yang manis dan gurih, membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan.

Kesimpulan

Nah itulah jajanan pasar tradisional yang melegenda dan masih menjadi favorit sampai sekarang versi resepedia. Lalu jajanan pasar tradisional apakah yang menjadi favoritmu? Jangan lupa komen di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT "JAJANAN PASAR TRADISIONAL"