Resepedia Resepedia
Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan Pasar Tradisional

Pasti kalian pernah kan merasa kangen makan jajanan pasar masa kecil? Jajanan pasar tradisional tergolong menyehatkan karena dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan bahan pengawet. Selain itu, rasa jajanan tradisional juga beragam mulai dari manis, asin, gurih, hingga pedas.

Aneka Jajanan Pasar Tradisional

Kebanyakan jajanan tradisional tergolong kue basah dan biasa disajikan untuk suguhan, rapat, arisan, atau acara tertentu. Walaupun sekarang sudah banyak produk jajanan yang kekinian, jajanan tradisional akan tetap melegenda dan menjadi favorit banyak orang.

Jajanan Pasar Tradisional
Jajanan Pasar Tradisional

Dari sekian banyaknya jenis jajanan pasar, ada beberapa jajanan yang masih digemari banyak orang sampai sekarang. Nah langsung aja, berikut ini adalah beberapa jajanan pasar tradisional yang melegenda dan masih menjadi favorit sampai sekarang versi resepedia.

1. Klepon

Klepon berbahan dasar tepung ketan dengan isian gula merah. Ketika kamu menggigit dan atau mengunyah klepon, cairan gula merahnya akan meletup dalam mulut. Jajanan yang satu ini biasanya disajikan dengan berbagai warna dan dengan taburan kelapa parut. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, membuat semua orang menyukai klepon.

2. Lemper

Lemper merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dengan isian daging ayam yang cincang atau abon yang dibungkus daun pisang. Lemper memiliki rasa gurih dan mengenyangkan, sehinggga cocok untuk pengganjal perut ketika kamu lapar.

3. Getuk

Getuk terbuat dari singkong yang telah direbus atau dikukus baru dihaluskan. Biasanya, getuk disajikan dengan taburan kelapa parut yang sudah dicampur sedikit garam. Selain langsung dimakan, ada juga getuk yang disajikan dengan cara digoreng terlebih dulu.

4. Serabi

Serabi di setiap daerah biasanya memiliki resep masing-masing. Tapi intinya, jajanan yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut, air, dan sedikit garam baru digoreng pada cetakan khusus. Ada yang disajikan dengan air gula atau yang langsung mencampur adonan serabi dengan gula merah baru digoreng.

5. Onde-Onde

Onde-onde termasuk jajajan yang masih melegenda sampai sekarang. Onde-onde memiliki bentuk bulat dengan permukaan kulit yang telah ditaburi wijen. Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan dan umumnya diisi dengan kacang hijau.

6. Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan salah satu kue basah yang memiliki rasa lezat dan banyak peminatnya. Kue basah yang satu ini terbuat dari kentang halus, tepung terigu, telur, gula pasir, air, dan vanilla. Rasanya yang manis legit dan teksturnya yang sangat lembut inilah membuat banyak orang menyukai kue lumpur.

7. Putu Ayu

Kue putu ayu berbahan dasar dari tepung. Normalnya, putu ayu berwarna hijau putih dengan parutan kelapa. Rasanya yang manis dan gurih, membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan.

Kesimpulan

Nah itulah jajanan pasar tradisional yang melegenda dan masih menjadi favorit sampai sekarang versi resepedia. Lalu jajanan pasar tradisional apakah yang menjadi favoritmu? Jangan lupa komen di bawah ya.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password