Resepedia Resepedia
Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan atau cemilan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus lebih diperhatikan. Kenapa? Karena dalam masa kehamilan, menjaga asupan makanan itu penting untuk kesehatan janin. Tak hanya makanan utama tapi juga cemilan sehat untuk ibu hamil harus diperhatikan kandungan nutrisi dan gizinya. Lebih baik hindari mengkonsumsi junk food, alkohol, atau makanan lain yang bisa berbahaya untuk kehamilan.

Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil
Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa rekomendasi cemilan sehat untuk ibu hamil yang bagus untuk tumbuh kembang janin. Lalu apa sajakah cemilan sehat yang cocok buat ibu hamil? Nah langsung aja ya guys, berikut ini adalah cemilan sehat untuk ibu hamil versi resepedia.

1. Buah Pisang, Apel, Alpukat, dan Jeruk

Buah-buahan segar memang memiliki kandungan gizi yang tinggi, tapi tidak semua buah cocok untuk ibu hamil ya guys. Buah yang paling cocok untuk cemilan ibu hamil yaitu buah pisang, apel, alpukat, dan jeruk.

Buah pisang mengandung kaliaum, serat, dan vitamin C tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil dan bayi yang dikandung. Sedangkan buah apel mengandung antioksidan, serat, dan vitamin yang dibutuhkan saat masa kehamilan.

Kalau buah alpukat tak hanya terkenal bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit, alpukat juga bisa menjadi cemilan sehat untuk ibu hamil. Terakhir yaitu buah jeruk. Jeruk terkenal kaya akan vitamin C nya yang bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

2. Yoghurt

Yoghurt sangat baik dikonsumsi saat hamil karena mengandung bakteri baik. Bakteri baik dalam yoghurt bisa menjaga sistem imun tubuh. Sedangkan kandungan kalsium dan yodium dalam yoghurt bisa membantu tumbuh kembang janin.

3. Telur Rebus

Tidak hanya bagus dimakan saat diet, telur rebus juga bisa dijadikan cemilan sehat saat hamil. Telur rebus mengandung protein, kalsium, dan vitamin A yang bisa membantu pengembangan sistem saraf janin.

4. Kacang-Kacangan

Cemilan sehat selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan menjadi sumber asam folat terbaik untuk ibu hamil. Yang perlu diingat, konsumsi kacang-kacangan yang tanpa rasa atau plain dan hindari makan kacang-kacangan yang banyak mengandung penyedap dan garam.

5. Cokelat Hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam cocok dijadikan cemilan saat hamil trimester ketiga. Selain bisa menambah energi pada tubuh saat hamil, mengkonsumsi cokelat hitam juga bisa mengurangi resiko preeklampsia atau komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

6. Sereal Berserat Tinggi dan Oats

Sereal sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan oleh ibu hamil karena mengandung mineral dan vitamin. Pilihlah sereal yang terbuat dari biji-bijian dan berserat tinggi.

Kalau oats cocok dikonsumsi saat hamil pada trimester kedua. Kandungan protein dalam oats bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang serta jaringan pada janin.

7. Roti Gandum

Roti gandum memang baik dikonsumsi oleh orang dalam segala usia. Khusus untuk ibu hamil, roti gandum bisa memperlancar pencernaan dan bisa memberi rasa kenyang yang lama sehingga tidak mudah membuat gemuk sata hamil.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa rekomendasi cemilan sehat untuk ibu hamil versi resepedia. Saat hamil tidak hanya perlu menjaga asupan makanan dan cemilan yang sehat, tapi harus diimbangi juga dengan pola hidup sehat ya guys.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password