Resepedia Resepedia
Bumbu Dapur Kering

Bumbu Dapur Kering

Jika kamu memiliki hobi memasak, kamu harus memahami berbagai jenis bumbu dapur karena enak dan tidaknya suatu masakan terletak pada bumbu yang digunakan.

Bumbu Dapur Kering Wajib Ada Di Dapur

Setiap masakan pasti menggunakan jenis bumbu yang berbeda. Agar tidak mengalami kendala kehabisan bumbu saat memasak, tentu kamu harus mempunyai stok bumbu sebagai persediaan.

Bumbu Dapur Kering
Bumbu Dapur Kering

Bumbu yang disimpan harus dalam keadaan kering agar bisa tahan lama. Dari sekian banyaknya jenis bumbu dapur, ada beberapa bumbu yang wajib ada di dapur. Nah langsung saja, berikut ini adalah bumbu dapur kering yang wajib ada di dapur versi resepedia.

1. Bubuk Cabai

Kalau kamu pecinta makanan pedas, wajib banget stok cabai bubuk. Bubuk cabai bisa kamu gunakan sebagai pengganti cabai segar yang tidak bisa tahan lama. Sedangkan bubuk cabai bisa bertahan berbulan-bulan asalkan disimpan dalam wadah yang kedap udara.

2. Bubuk Bawang Putih

Kalau menyimpan bawang putih mungkin akan cepat kering ataupun membusuk. Nah kamu bisa mengganti bawang putih segar dengan bubuk bawang putih yang lebih tahan lama. Kamu bisa menggunakan bubuk bawang putih untuk segala jenis masakan.

3. Jintan

Jintan memiliki rasa yang unik dan memiliki sensasi pedas. Kamu bisa menyimpan jintan dalam bentuk biji jintan utuh yang sudang dikeringkan ataupun dalam bentuk bubuk.

4. Kayu Manis

Kayu manis memiliki rasa manis dan gurih yang cocok untuk berbagai jenis masakan dan kue. Selain untuk bumbu makanan, kayu manis juga sangat bagus untuk kesehatan dan bisa mengobati diare, masuk angin, perut kembung, dan mual.

5. Oregano

Oregano biasanya dipakai pada masakan Italia seperti pizza atau pasta.  Oregano memiliki aroma kuat dan rasanya sedikit pedas dan pahit. Bumbu dapur yang satu ini mudah didapatkan di pasar modern ataupun supermarket.

6. Bubuk Paprika

Bubuk paprika bentuknya hampir mirip dengan bubuk cabai. Hanya saja warna bubuk paprika lebih oranye warnanya. Rasanya tidak sepanas dan sepedas bubuk cabai dan lebih manis. Kamu bisa menggunakan bumbu ini untuk berbagai kreasi masakan.

7. Rosemary

Rosemary biasanya digunakan untuk memasak sup, salad, semur, dan berbagai olahan daging serta ikan. Rosemary memiliki aroma kuat dibandingkan bumbu dapur kering yang lain.

8. Lada Bubuk

Lada bubuk merupakan salah satu bumbu kering yang paling sering digunakan dan cocok untuk segala jenis masakan. Tidak hanya berbentuk bubuk, ada juga bentuk biji kering. Tapi agar lebih praktsi, kamu bisa menyimpan lada bubuk.

9. Ketumbar

Ketumbar sangat cocok untuk memasak sate, dendeng, gorengan, ayam goreng, sop, atau baceman. Kamu bisa menyimpan ketumbar dalam mentuk biji ataupun bubuk. Agar lebih praktis sata pemakaian, lebih baik menyimpan ketumbar bubur.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa bumbu dapur kering yang wajib ada di dapur versi resepedia. Ketika memasak, mau memakai bumbu kering ataupun bumbu basah sebenarnya tidak masalah karena keduanya memberikan rasa yang sama. Tapi kalau kamu mau bumbu yang lebih awet dan praktis, lebih baik simpan bumbu dapur kering berbentuk bubuk.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password