Resepedia Resepedia
Aneka Olahan Tahu

Aneka Olahan Tahu

Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah ditemukan dan memiliki harga ekonomis. Kalau kamu bosan dengan olahan tahu yang itu-itu saja seperti digoreng atau ditumis, kamu bisa mencoba aneka olahan tahu di bawah ini.

Aneka Olahan Tahu
Aneka Olahan Tahu

Aneka Olahan Tahu

Tahu sebenarnya ada beberapa jenis yaitu tahu putih, tahu kuning dan tahu cokelat atau tahu kulit. Nah kalau kamu sedang bingung mau memasak tahu menjadi apa, menu baru olahan tahu di bawah ini bisa menjadi alternatifmu. Langsung aja ya guys, berikut ini adalah aneka olahan tahu yang lezat dan praktis dibuat versi resepedia.

1. Nugget Tahu

Nugget yang kita tahu biasanya dibuat dengan daging ayam. Tapi ternyata, kamu bisa mengganti daging ayam dengan tahu putih lho guys. Untuk membuat nugget tahu hampir mirip dengan membuat nugget pada umumnya.

Caranya yaitu lembutkan tahu putih terlebih dahulu baru campurkan dengan tepung terigu, garam, lada, dan telur. Kukus adonan sampai matang baru dipotong-potong seperti nugget. Sebelum digoreng, baluri nugget tahu terlebih dahulu dengan tepung panir abru digoreng.

2. Tahu Gejrot

Olahan tahu berikutnya yang mudah dibuat yaitu tahu gejrot, cemilan khas dari Cirebon. Tidak harus jajan di luar, kamu juga bisa membuat tahu gejrot sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mempersiapkan tahu kulit dan buat bumbu tahu gejrot dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

3. Tahu Bakso

Siapa sih yang tidak kenal dengan tahu bakso? Sesuai namanya, tahu bakso sebenarnya adalah tahu kulit yang diisi tengahnya dengan adonan bakso. Kamu harus merebus adonan tahu bakso terlebih dahulu sampai matang baru digoreng sampai kering. Jangan lupa sajikan tahu bakso dengan cabai rawit agar lebih nikmat.

4. Steak Tahu

Siapa bilang kalau steak itu harus dibuat dari daging? Ternyata nih guys, kamu bisa mengganti dagingnya dengan tahu. Cara membuat steak tahu juga cukup mudah.

Kamu hanya perlu menghaluskan tahu putih sampai lembut dan bentuk seperti bentuk patty atau daging burger. Lalu olesi steak tahu dengan campuran lada, cabai bubuk, garam, bawang putih bubuk, minyak, kecap asin, dan kecap hoisin baru dipanggang.

5. Bakwan Tahu

Aneka olahan tahu selanjutnya yang cukup mudah dibuat adalah bakwan tahu. Kalau mendengar kata bakwan, yang terlintas dipikiran kita mungkin bakwan sayur atau bakwan jagung. Ternyata, tahu juga cocok dijadikan bakwan lho guys.

Untuk membuat bakwan tahu kamu hanya perlu menghaluskan tahu kuning atau tahu putih lalu dicampur dengan tepung terigu, telur, garam, dan lada. Biar bakwan tahu lebih renyah, kamu bisa menambahkan sedikit tepung beras pada adonan. Jangan lupa sajikan bakwan tahu selagi hangat dengan cabai rawit sebagai pelengkap.

6. Tahu Kukus Kembang Sosis

Kalau kamu mau membuat olahan tahu yang lebih sehat, kamu bisa mencoba menu tahu kukus kembang sosis. Untuk membuat makanan yang satu ini, haluskan tahu putih sampai lembut dan beri tambahan potongan daun bawang, wortel, garam, dan lada.

Masukkan adonan ke dalam cetakan dan tancapkan sosis yang telah dibelah menjadi empat di atasnya. Tahu kukus kembang sosis sangat cocok dijadikan cemilan.

7. Tahu Pletok

Tahu pletok merupakan cemilan khas Tegal dan Slawi. Tahu pletok sebenarnya hampir mirip dengan tahu bakso yaitu tahu kulit yang diberi isiani.

Untuk membuat adonan isian tahu pletok, keruk putih tahu dan campurkan dengan tepung tapioka, garam, dan kaldu bubuk. Masukkan adonan kedalam kulit tahu dan goreng sampai garing. Tahu pletok siap disajikan dengan cabai rawit sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa aneka olahan tahu yang mudah dibuat dan memiliki rasa lezat. Nah kalau kamu menemukan olahan tahu lainnya yang menarik dan lezat, jangan lupa komen di bawah ya.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password