Resepedia Resepedia
Aneka Olahan Pisang

Aneka Olahan Pisang

Buah pisang memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Tidak hanya bisa dimakan langsung, pisang juga bisa diolah menjadi beragam masakan. Contoh aneka olahan pisang yang umum yaitu piscok atau pisang coklat, nugget pisang, bolu pisang, dan masih banyak lagi.

Aneka Olahan Pisang
Aneka Olahan Pisang

Aneka Olahan Pisang

Nah kalau kamu punya stok pisang yang banyak di rumah dan bingung mau dibuat menjadi apa, kamu bisa mencoba membuat menu olahan pisang di bawah ini. Nah langsung aja ya guys, berikut ini adalah aneka olahan pisang yang mudah dibuat dan sangat lezat versi resepedia.

1. Bolu dan Muffin

Kalau kamu punya buah pisang yang sudah terlalu matang, kamu bisa mengolahnya menjadi cake atau bolu pisang dan muffin. Selain tekstur bolunya yang empuk, aroma pisangnya membuat bolu dan muffin lebih menggugah selera.

2. Pancake Pisang

Selain dijadikan bolu, pisang yang sudah matang juga bisa digunakan untuk membuat adonan pancake. Pisang akan menambah aroma wangi dan rasa manis pada pancake dan cocok dijadikan sarapan. Agar pancake lebih nikmat, kamu bisa menambahkan topping lain sesuai selera.

3. Pisang Molen

Nah kalau kamu suka makan makanan yang digoreng, kamu bisa mencoba membuat pisang molen. Pisang molen biasanya dibuat dengan pisang tanduk, pisang raja, atau pisang uli yang sudah matang lalu dibungkus kulit molen.

Kulit molen terbuat dari tepung terigu, maizena, air es, gula, margarin, telur, dan garam. Hasilnya, pisang molen memiliki tekstur renyah di luar dan lembut pisangnya di dalam.

4. Smoothie dan Milkshake

Aneka olahan pisang selain bisa dijadikan makanan, kamu juga bisa mengolahnya menjadi minuman seperti milkshake dan smoothie. Buah pisang akan memberi tekstur creamy dan rasa manis yang alami.

5. Pisang Sale

Pisang sale merupakan salah satu olahan pisang tradisional yang biasa  dijadikan oleh-oleh dalam kemasan. Pisang sale itu ada 2 jenis yaitu sale basah dan kering.

Cara membuat pisang sale juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong pisang menjadi 2 bagian lalu dijemur di bawah sinar matahari agar kadar air dalam pisang hilang dan menjadi kering. Setelah kering, kamu bisa langsung memakan sale atau digoreng dulu dengan tepung.

6. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan salah satu minuman es yang cukup populer. Es pisang ijo terdiri dari bubur sumsum, adonan hijau berisi pisang, sirup merah, es batu, dan dan susu kental manis.

7. Mata Roda

Mata roda merupakan kue basah tradisional yang bertekstur kenyal dan memiliki rasa manis-gurih. Kue basah ini terbuat dari singkong yang telah diparut lalu diisi pisang yang sudah matang baru dikukus sampai matang. Mata roda biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut segar.

Kesimpulan

Nah itulah aneka olahan pisang yang mudah dibuat dan sangat lezat versi resepedia. Dari aneka olahan pisang di atas, manakah favoritmu? Kalau kamu menemukan olahan pisang yang mudah dibuat dan lezat lainnya, jangan lupa komen di bawah ya.

Mucti Intan Sari Mucti Intan Sari @muctiintan
Berpengalaman dalam bidang Tata Boga dan Content Creator sejak 2017. Hobi memasak berbagai macam kuliner dan aktif sebagai koki rumahan. Senang membuat kreasi masakan mulai dari masakan daerah hingga mancanegara.

RESEP YANG MUNGKIN KAMU SUKA

Es Lumut
35 menit
5
Cireng Isi Ayam Pedas
65 menit
5
Agar Agar Santan
25 menit
5
Seblak Kuah
25 menit
5
Soto Ayam Bening
75 menit
5
Oseng Tempe Lombok Ijo
30 menit
5
Tumis Rebung
60 menit
5
Lihat Semua
Login
Reset Password
Dengan mengunjungi situs ini Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi dari kami.
Daftar
Reset Password